Sejarah Musik


Siapa sih yang nggak kenal musik,hampir setiap hari kita smendengar yang namanya musik.Entah itu jenis musik pop,dangdut,jazz,rock dan lain-lain.Mendengarkan musik adalah hal yang sangat menyenangkan,tentunya musik yang sesuai dengan selera masing-masing.Bisa juga untuk mengobati rasa galau yang ada di hati.Sebelum kita lanjut ke topik utama alangkah baiknya kita mengerti apa itu musik?

Musik adalah kumpulan suara yang di susun sedemikian rupa,sehingga menghasilkan irama yang merdu,harmonis,dan menyenangkan.

Pada umunya,musik terbentuk oleh beberapa alat musik seperti gitar,drum,gendang,seruling dan lain sebagainya.

Sejarah musik

Musik pertama kali tercipta sejak kehadiran manusia purba modern yaitu homo sapien,pada tahun 100.000-180.000 tahun yang lalu.Namun tidak tahu pasti siapa yang menemukanya.Pada saat itu kehidupan mereka sering berpindah-pindah, berburu,dan mengumpulkan makanan.Mereka juga sering mengumpulkan tulang-tulang kering lalu meniupnya sehingga menghasilkan bunyi.

Selain itu mereka juga terinspirasi dari suara-suara alam,lalu mereka menirukan suara-suara itu.Manusia purba pada saat itu sering menyatakan kegembiraan dan kesedihanya lewat suara sehingga menjadi suara yang berirama,hymne yang terinspirasi dari kicauan burung.

Secara tak sengaja mereka memukul-mukul kayu,dan batu-batu dengan keras,lalu kayu berlobang mereka tutup dengan kulit binatang hasil buruan mereka,kemudian memukulnya.

Hal ini di buktikan dengan penemuan dari situs arkeolog paleolitik.Seruling merupakan alat musik yang paling sering di gunakan pada jaman prasejarah,bentuknya mirip dengan seruling shakuhaci yang berasal dari jepang.Sedangkan untuk jenis seruling sudah ada sejak zaman sungai indus.

Pada tahun 870 an masehi,Maestro yang bernama Al farabi dengan nama lengkap Abu nasr Muhamad bin tarkhan bin uzlag al farabi.Beliau lahir di desa Wasij,Transoxiana.Dalam bukunya yang berjudul Kitab Musiq al kabir ( buku besar musik)Beliau menggunakan musik untuk sebuah terapi.Beliau juga menyatakan bahwa musik dapat menciptakan perasaan tenang dan nyaman.Baginya musik juga mampu mempengaruhi moral,mengendalikan emosi,dan menyembuhkan penyakit.Oleh sebab itu beliau menggunakan musik untuk sebuah terapi.Beliau wafat pada tahun 970 masehi di Damascus.

Di india di temukan juga tradisi musik paling tua hal ini di jelaskan dalam kitab weda.

Nah itulah tadi sejarah singkat tentang musik,jadi mulai saat ini kita sudah tahu bagaimana sejarah tentang musik itu.